DPRD Banjarmasin Pelajari Peningkatan PAD di Dinas KPKP

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Jumat, 14 September 2018 19:41 WIB | Dibaca 543 kali
(Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Dewan Perwakilan Rakuat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin hari ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

" Ada beberapa hal yang bisa diadopsi terkait retribusi dari sektor pertanian dan peternakan "

Maksud kedatangan anggota dewan dari luar daerah tersebut untuk mempelajari peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pertanian dan peternakan yang diterapkan Dinas KPKP DKI Jakarta.

"Ada beberapa hal yang bisa diadopsi terkait retribusi dari sektor pertanian dan peternakan di Dinas KPKP DKI untuk diterapkan di kota kita," ujar Arufah Arief, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin di lokasi, Jumat (14/9).

Arufah menyampaikan, pihaknya yang beranggotakan 18 orang juga tertarik mempelajari pemanfaatan lahan sempit untuk Gang Hijau di DKI Jakarta.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat ditiru agar Kota Banjarmasin jadi lebih hijau," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Diah Meidiantie menuturkan hingga 6 September 2018 lalu, perolehan retribusi dari sektor pertanian dan peternakan mencapai sekitar Rp 1,1 miliar.

Ia menyebutkan, retribusi tersebut didapatkan dari pemakaian los promosi bunga, lahan usaha promosi penangkaran bibit, pemeriksaan pos atau klinik kesehatan hewan.

"Termasuk dari laboratorium uji mutu pertanian," tandasnya.