Pembangunan Waduk Pondok Ranggon I dan 2 Kembali Dimulai

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 12 September 2018 10:12 WIB | Dibaca 1433 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Pembangunan Waduk Pondok Ranggon 1 dan 2, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur kembali dikerjakan. Pengerjaan waduk seluas 8,4 hektare ini telah mencapai 15 persen.

"Tahap awal kita kerjakan Waduk Pondok Ranggon 1 dan jika rampung langsung diteruskan ke Waduk Pondok Ranggon 2 "

Pantauan di lapangan, Rabu (12/9), tiga alat berat dikerahkan untuk pengerukan waduk yang berlokasi di wilayah RW 01 Pondok Ranggon. Sebagian galian bahkan sudah mengeluarkan air di kedalaman sekitar 4-6 meter. Waduk ini nantinya memiliki kedalaman delapan meter.

Kasi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Yoserizal mengatakan, pembangunan Waduk Pondok Ranggon 1 dan 2 dikerjakan oleh Dinas SDA. Sebab luas lahannya lebih dari tiga hektare.

"Karena luas lahannya lebih dari tiga hektare jadi pembangunan Waduk Pondok Ranggon 1 dan 2 dikerjakan oleh Dinas SDA," kata Yoserizal.

Sementara, Kasi Pembangunan dan Peningkatan Bidang Sungai dan Pantai Sistem Aliran Timur Dinas Sumber Daya Air DKI, Andika Purnomo menambahkan, pembangunan Waduk Pondok Ranggon 1 dan 2 baru dikerjakan awal Maret lalu.

"Tahun 2014 lalu pernah dikerjakan namun terhenti karena masih ada lahan milik warga yang belum dibebaskan. Kini seluruh lahan sudah dibebaskan sehingga pembangunan waduk dimulai lagi," ungkap Andika.

Menurutnya, sempitnya akses menuju lokasi juga menjadi kendala pembangunan. Karena alat berat ukuran besar tak bisa melintas. Sehingga pihaknya hanya mengerahkan alat berat yang kecil.

"Tahap awal kita kerjakan Waduk Pondok Ranggon 1 dan jika rampung langsung diteruskan ke Waduk Pondok Ranggon 2. Pembangunannya saat ini baru mecapai 15 persen," ucapnya.

"Target penyelesaian pada 2020 mendatang," tandasnya.