Anies Ingatkan Pentingnya Peran Pendidik Anak Usia Dini

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 07 September 2018 20:07 WIB | Dibaca 950 kali
(Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pendidik anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter seorang anak.

" Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak"

"Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak," ujarnya, saat memberikan sambutan dan pembekalan pada Pembukaan MUNAS IV Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), di Hotel Grand Cempaka, Jl Letjend Soeprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).

Anies menjelaskan, saat dirinya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, pada tahun 2015 di selenggarakan World Education Forum, di Seoul, Korea Selatan.

"Dunia, termasuk Indonesia bersepakat pada tahun 2030 setiap anak wajib mendapatkan pendidikan anak usia dini," terangnya.

Menurutnya, penyelenggaraan Munas ini harus menjadi momentum untuk digunakan sebagai kesempatan memperkuat kolaborasi antara pendidik anak usia dini dengan pihak terkait seperti di Dinas Pendidikan. 

"Dalam acara ini saya juga mengajak aparatur dari Dinas Pendidikan DKI, khususnya di bidang PAUD untuk hadir bersama. Kita ingin kerja bersama dan melakukan review," tuturnya.

Anies menginginkan, PAUD di Jakarta memiliki standar yang lebih tinggi dari sisi fasilitas maupun sarana dan prasarananya, terutama dalam menjaga mutu tenaga pendidiknya.

"Pendidikan Anak Usia Dini perlu diberikan perhatian yang lebih besar," tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini terdapat 4.500 PAUD di Provinsi DKI Jakarta. Pemprov DKI terus berupaya memberikan perhatian optimal, salah satunya melalui alokasi anggaran untuk PAUD.