Perpustakaan Konvensional Dispusip Dikunjungi Lebih 2 Juta Orang

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 06 September 2018 17:42 WIB | Dibaca 923 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Perpustakaan konvensional milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) sejak periode Januari-Agustus 2018 sudah dikunjungi 2.188.683 orang.

" Tahun ini, target sebanyak 2.025.000 pemustaka sudah terlampaui"

Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Dispusip DKI Jakarta, Jeje Nurjaman mengatakan, perpustakaan konvensional tersebut yakni, Perpustakaan Umum Cikini, Kuningan, Kantor Sudinpusip di lima wilayah kota, Satpel DPK Kepulauan Seribu, Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) 1 dan 2, serta Perpustakaan HB Jassin.

"Perpustakaan di Sudin terbagi menjadi perpustakaan stasioner, perpustakaan keliling (pusling), dan RPTRA. Sedangkan, Permata itu perpustakaan di dalam bus yang penempatannya berdasarkan permintaan masyarakat dan mobile," ujarnya, Kamis (6/9).

Jeje menjelaskan, rata-rata dalam satu bulan di tahun 2018 terdapat sekitar 200 ribu pengunjung perpustakaan konvensional yang dikelola Dispusip.

"Tahun ini, target sebanyak 2.025.000 pemustaka sudah terlampaui," terangnya.

Ia menambahkan, tingginya minat dari pemustaka mendatangi perpustakaan konvensional dikarenakan fasilitas penunjang dan koleksi buku yang disediakan.

"Kami menyediakan WiFi, pendingin ruangan yang baik, dan sarana bermain anak. Selain itu, kami juga selalu memperhatikan koleksi buku baru hingga menyediakan perangkat bagi mereka yang ingin menggunakan aplikasi iJakarta," tandasnya.