Gubernur Buka Rakor DPN AAIPI

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 05 September 2018 20:49 WIB | Dibaca 656 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka Rapat Koordinasi Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (Rakor DPN AAIPI) di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

"Pengawas internal adalah tulang punggung yang akan menjaga tegaknya rencana menjadi realita "

Pada kesempatan itu, Anies mengatakan, salah satu tantangan utama dalam pengelolaan pemerintahan di seluruh dunia adalah memastikan semua yang menjadi tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana. Untuk itu, aparat pengawasan intern pemerintah memiliki peran yang amat penting.

"Kita bersyukur bahwa orientasi AAIPI dengan paradigma baru. Sebagai partner untuk memberikan reasonable assurance atas apa yang dijalankan dan dilaksanakan oleh pemerintah," ujarnya, Rabu (5/9).

Anies berharap, Rakor DPN AAIPI dapat menghasilkan dokumen-dokumen keputusan yang bisa membantu pengelola pemerintahan di level pusat, provinsi, dan kabupaten untuk memastikan program-program strategis terlaksana sesuai rencana. Melalui keikutsertaan AAIPI dalam monotoring, maka terjadinya deviasi-deviasi dari awal sudah langsung ada peringatan dini.

"AAIPI bisa membantu memastikan capaian-capaian sektoral itu inline dengan rencana strategis dan janji pemerintah dalam menunaikan amanat rakyat. Pengawas internal adalah tulang punggung yang akan menjaga tegaknya rencana menjadi realita," terangnya.

Sementara, Ketua Umum AAIPI, Sumiati menambahkan, Rakor tersebut dilakukan secara berkala untuk membahas berbagai agenda yang terkait kegiatan AAIPI.

"Rakor ini membahas rencana strategis untuk pengembangan AAIPI seperti, masalah standar audit, kode etik, dan review dalam rangka meningkatkan kapabilitas auditor intern pemerintah Indonesia," tandasnya.