Dinas KPKP - BI Perwakilan Jakarta Lepas 150 Peserta Urban Farming

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Rabu, 05 September 2018 11:24 WIB | Dibaca 696 kali
(Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jakarta hari ini melepas 150 peserta program pertanian perkotaan (urban farming) untuk mengikuti kegiatan pengembangan edukasi serta pelatihan teknis budidaya tanaman di Agro Edu Village Inagrow, Bogor, Jawa Barat. 

" Terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Jakarta yang selalu membantu program-program Pemprov DKI dalam pengembangan urban farming di Ibukota"

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, kegiatan ini penting diikuti peserta yang terdiri dari warga Gang hijau, anggota komunitas pertanian perkotaan dan petugas dari jajarannya.

"Terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Jakarta yang selalu membantu program-program Pemprov DKI dalam pengembangan urban farming di Ibukota. Semoga kerja sama seperti ini dapat terus dilanjutkan," ujarnya, Rabu (5/9).

Darjamuni berharap, kegiatan ini dapat diterapkan di seluruh penjuru Ibukota dan diikuti pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

"Harapannya agar kegiatan ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh. Sehingga ilmunya dapat diterapkan di lokasi Gang Hijau dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada untuk penghijauan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Jakarta, Trisno Nugroho mengharapkan, kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi para peserta. Sehingga mereka bisa ikut panen sayur bersama di lokasi Gang Hijau hasil kerja sama Dinas KPKP DKI Jakarta dengan jajarannya.

"Materi yang diberikan seperti budidaya hidroponik, tanaman organik di polybag, tanaman buah dalam pot, tanaman cabai dan ikan dalam kolam terpal," tandasnya.

Sekadar diketahui, kerja sama antara Dinas KPKP DKI Jakarta dan BI Perwakilan Jakarta telah terjalin sejak 2017 dengan turut serta mengembangkan 30 lokasi Gang Hijau di Ibukota.