Pemkot Jakbar Gelar Festival Kali Besar

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 30 Agustus 2018 17:56 WIB | Dibaca 807 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Barat, menggelar Festival Kali Besar di Jembatan Budaya, kawasan Kota Tua, Taman Sari, Kamis (30/8) sore.

" Semoga kegiatan Festival Kali Besar ini dapat menghibur wisatawan, termasuk menarik perhatian para tamu peserta Asian Games"

Acara yang dibuka  Plt Wali Kota Jakarta Barat, M Zen, diawali dengan karnaval dari sejumlah komunitas seni budaya dan sepeda ontel.

"Semoga kegiatan Festival Kali Besar ini dapat menghibur wisatawan, termasuk menarik perhatian para tamu peserta Asian Games," kata M Zen.

M Zen melanjutkan, pasca revitalisasi Kota Tua tahap pertama rampung dan resmi dibuka untuk umum, kawasan Kali Besar mampu menarik perhatian wisatawan.

"Wisatawan mancanegara maupun domestik berbondong bondong berkunjung untuk berfoto di Jembatan Budaya maupun menikmati pemandangan Taman Apung dan air kali yang telah difiltrasi," ucapnya.  

Kepala Sudin Parbud Jakarta Barat, Linda Enriany menjelaskan, festival yang kali pertama digelar ini untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI dan mengenang sejarah Kali Besar, sekaligus memperkenalkan destinasi wisata baru kepada wisatawan.

"Dahulu, Jakarta yang dikenal sebagai Batavia menjadi kawasan pusat perdagangan dan pengumpulan rempah rempah dengan melewati jalur pelayanan di Kali Besar ini. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke kawasan Kota Tua," tuturnya.

Sebagai destinasi wisata baru di Jakarta Barat, lanjut Linda,  kawasan Kali Besar memiliki daya tarik berupa Taman Apung dan aliran air yang bersih.

"Taman Apung dan air kali yang bersih akan menarik wisatawan asing maupun lokal berkunjung," tandasnya.