Cipinang Melayu Wakili Jaktim di Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 30 Agustus 2018 21:19 WIB | Dibaca 954 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, mewakili Jakarta Timur untuk Lomba 10 Program PKK tingkat Provinsi DKI Jakarta. Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta pun telah melakukan verifikasi dan pembinaan.

" Kita lakukan verifikasi data terlebih dulu sekaligus pembinaan terhadap kader di wilayah"

"Kami lakukan verifikasi data terlebih dulu sekaligus pembinaan terhadap kader di wilayah. Kita juga ingin cek sejauh mana cakupan IVA Test di kelurahan ini, kesadaran masyarakat tentang kanker serviks dan sebagainya," ujar Nani Bambang Sugiyono, Ketua Pokja IV TP PKK DKI, Nani Bambang Sugiyono, Kamis (30/8).

Sementara, Lurah Cipinang Melayu, Syahrul Munir optimistis wilayahnya dapat menjadi juara tingkat provinsi. Terlebih, pihaknya sudah melakukan berbagai terobosan dalam rangka peningkatan pelayanan IVA test bagi warganya.

Antara lain, menyulap kantor kelurahan untuk praktik dokter pada jam-jam tertentu. Ini dilakukan karena lokasi puskesmas kelurahan maupun kecamatan jauh dari kantor kelurahan.

Selain itu, menyiapkan ruang pemeriksaan mobile menggunakan triplek berukuran 2,4x1,9 meter persegi. Ruang pemeriksaan ini dibawa keliling ke permukiman warga untuk layanan jemput bola. Utamanya untuk pemeriksaan IVA Test.

“Pasangan usia subur saat ini sudah banyak melakukan pemeriksaan kanker serviks sejak dini, melalui IVA Test. Kita bahkan lakukan layanan jemput bola dengan keliling kampung,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini jumlah pasangan usia subur yang sudah mengikuti program IVA Test mencapai 200 orang. Angka ini diyakini akan terus bertambah karena setiap hari kader PKK bersama tim medis rutin melakukan layanan jemput bola.