DPRD Kota Malang Pelajari Sistem Pengelolaan Informasi Pemprov DKI

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 30 Agustus 2018 18:28 WIB | Dibaca 354 kali
(Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Komisi A DPRD Kota Malang, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta.

" Kunker ini merupakan salah satu bentuk studi komparatif pengelolaan informasi di DKI"

Dalam kunker tersebut, para anggota dewan melakukan studi komparetif mengenai pelayanan informasi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, para anggota dewan juga sempat mengunjungi Jakarta Smart City. 

Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Indra Tjahyono mengatakan, kunjungan ini merupakan studi komparatif yang dilakukan pihaknya terkait sistem pelayanan informasi di Pemprov DKI Jakarta. Di Malang, sambung Indra, juga memiliki Ngalam Command Center sebagai pusat informasi pemerintahan Kota Malang.

"Kunker ini merupakan salah satu bentuk studi komparatif pengelolaan informasi di DKI," ujarnya, Kamis (30/8).

Dikatakan Indra, pihaknya cukup kagum dan mengapresiasi sistem pelayanan informasi dan unit pelayanan masyarakat yang dimiliki Pemprov DKI. 

"Saya berharap Malang bisa belajar dan menerapkan dari apa yang sudah dilakukan Jakarta," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik, Diskominfotik DKI Jakarta, Raides Aryanto menjelaskan, dalam kunker tersebut pihaknya menjelaskan sistem kerja dan pelayanan Diskominfotik dalam mengelola informasi.

"Di kunker ini kami menjelaskan soal sistem pelayanan informasi dan sistem kerja Jakarta Smart City dalam melayani keluhan masyarakat," jelasnya. 

Raides berharap studi ini bisa menjadi referensi dan acuan untuk pengembangan Kota Malang, khususnya dalam menangani aspirasi publik dengan baik dan cepat. 

"Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi dasar bagi anggota dewan dan Pemkot Malang untuk membahas anggaran di Dinas Kominfo Kota Malang," tandasnya.