Betonisasi Akses Jalan ke Pasar Induk Beras Cipinang Capai 55 Persen

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 30 Agustus 2018 15:24 WIB | Dibaca 665 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Betonisasi di Jalan Raya Pisangan Lama Selatan, Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur telah mencapai 55 persen. Jalan sepanjang sekitar 1,17  kilometer ini merupakan akses utama menuju Pasar Induk Beras Cipinang.

" Jalan ini harus dibeton karena kendaraan yang melintas kebanyakan kendaraan bertonase besar. Kalau dihotmix ya sebentar saja rusak lagi"

Kasi Pemeliharaan Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Benediktus Situmorang mengatakan, perbaikan jalan tersebut menggunakan beton karena sering rusak. Sebab kendaraan yang melintas rata-rata bertonase besar, di atas 35 ton.

"Jalan ini harus dibeton karena kendaraan yang melintas kebanyakan kendaraan bertonase besar. Kalau dihotmix ya sebentar saja rusak lagi," kata Benny, sapaan akrabnya, Kamis (30/8).

Pantauan di lapangan, Kamis (30/8), jalan yang lebarnya rata-rata sekitar tujuh meter ini sebagian besarnya sudah dibeton. Sejumlah pekerja terlihat sedang merapikan bagian pinggir jalan dan saluran air. Sebagian lainnya membelah beton menggunakan gergaji mesin untuk aliran air.

Selain dibeton, di lokasi tersebut juga dibuatkan saluran air baru menggunakan beton U-Ditch berukuran 80x80 sentimeter. Bagian atasnya ditutup menggunakan lempengan beton.

Menurutnya, pekerjaan beton ini dimulai sejak bulan Juni lalu dan ditargetkan rampung Oktober mendatang. Ketebalan beton cor jalan ini 20 sentimeter dan bagian alasnya lima sentimeter.

Titik pekerjaan beton ini dimulai dari Bundaran di samping Logistik Mabes Polri hingga depan Pospol Pisangan Timur, yang berada di sisi barat kantor PT Food Station Tjipinang Jaya.