150 Warga Gang Hijau Dibekali Pengembangan Urban Farming

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Rabu, 29 Agustus 2018 23:58 WIB | Dibaca 644 kali
(Foto : Oki Akbar / Beritajakarta.id)

Sebanyak 150 warga Gang Hijau dari lima wilayah kota DKI Jakarta hari ini mendapat pembinaan mengenai program pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP).

" Ini untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang pelaksanaan Urban Farming"

"Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang pelaksanaan urban farming," ujar Darjamuni, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Rabu (29/8).

Ia menjelaskan, sebagian besar peserta kegiatan ini berasal dari warga Gang Hijau, rusun, pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), sekolah sampai dengan perkantoran.

Mereka mendapatkan materi langsung dari nara sumber berkompeten seperti Komunitas Pertanian Perkotaan, Indonesia Berkebun, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian RI, Perkumpulan Gerakan OK OCE dan Hydrofarm Indonesia. 

"Dengan narasumber tersebut akan menambah pengetahuan peserta," ucapnya.

Menurut Darjamuni, kegiatan ini sekaligus digelar untuk penyegaran mengenai pengelolaan pertanian perkotaan. Pembinaan tersebut juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar pegiat urban farming.

"Harapan kita mereka bisa saling kenal satu dengan lainnya dan bertambah semangat dalam melaksanakan penghijauan," tandasnya.