Sudin KPKP Jaktim Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 29 Agustus 2018 17:48 WIB | Dibaca 647 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur mengadakan pelatihan pengolahan hasil perikanan, di Gedung Pusat Pelatihan Pertanian, Klender, Duren Sawit. Sebanyak 100 peserta ikut dalam kegiatan pelatihan yang akan berlangsung hingga Kamis (30/8).

"Agar tidak ada ketergantungan dengan makanan siap saji, peran keluarga sangat penting "

Plt Kasudin KPKP Jakarta Timur, Wachyuni mengatakan, kegiatan pelatihan ini digelar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga dan meningkatkan konsumsi ikan atau produk perikanan. Kegiatan ini juga untuk mewujudkan SDM berkualitas, sehat dan cerdas.

“Agar tidak ada ketergantungan dengan makanan siap saji, peran keluarga sangat penting. Terutama kaum ibu yang memegang peranan utama di rumah. Makanya mereka harus mengikuti pelatihan seperti ini, agar bisa memproduk makanan olahan berbahan dasar ikan,” ujar Wachyuni, Rabu (29/8).

Dalam pelatihan ini, para peserta yang didominasi kaum ibu dilatih membuat makanan olahan berbahan dasar ikan. Seperti bakso, otak-otak, kerupuk, nugget dan jenis makanan olahan lainnya. Pelatihan ini melibatkan Perkumpulan Gerakan OK OCE dan pihak swasta.

Menurutnya, selama ini sebenarnya aneka masakan dapat diolah dari bahan baku ikan tenggiri, ikan kakap merah, udang dan jenis ikan lainnya. Seluruhnya bermutu tinggi dan kaya akan protein, omega tiga, yang baik bagi kecerdasan otak.