Festival Ondel-ondel Digelar di Bintaro

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Sabtu, 25 Agustus 2018 10:13 WIB | Dibaca 1164 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Warga Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan menggelar Festival Ondel-ondel Bintaro Jilid 2.

" Festival ondel-ondel ini sebagai upaya melestarikan seni budaya Betawi"

Kegiatan tersebut digelar di sepanjang Jalan Bintaro Taman Barat selama dua hari berturut-turut, tepatnya mulai 25-26 Agustus 2018.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengapresiasi pihak panitia yang telah menggelar Festival Ondel-ondel untuk kedua kalinya.

"Festival ondel-ondel ini sebagai upaya melestarikan seni budaya Betawi," ujarnya, Sabtu (25/8).

Marullah berharap Festival Ondel-ondel ini dapat memberikan dampak yang luas kepada masyarakat Bintaro dalam aspek ekonomi.

"Diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dibanggakan di Provinsi DKI Jakarta," katanya.

Sementara itu, Koordinator Acara, Dhani menambahkan, Festival Ondel-ondel ini diinisiasi masyarakat Bintaro melalui Karang Taruna. Melalui acara ini, seluruh komponen masyarakat Bintaro diharapkan dapat bersatu padu secara harmonis melestarikan seni budaya tradisional Betawi.

"Sehingga tetap eksis dan tidak tergerus arus globalisasi. Bahkan dapat bersaing di kota metropolitan yang serba modern ini," tandasnya

Pantauan beritajakarta.id, di festival ini juga digelar kegiatan membuat replika topeng ondel-ondel terbanyak dengan jumlah mencapai 5.000 topeng.

Ribuan topeng tersebut digunakan untuk kegiatan gerak jalan warga. Selain diisi dengan berbagai kebudayaan Betawi, pada festival ini juga dihelat berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bazar.