Dispusip Berdayakan Abnonku untuk Tingkatkan Minat Baca

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 24 Agustus 2018 23:15 WIB | Dibaca 699 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta memberdayakan Abang dan None Buku (Abnonku) untuk meningkatkan minta baca, khususnya bagi anak-anak dan remaja.

"Abnonku ini masih berstatus pelajar "

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI Jakarta, Jamhuri Androfa mengatakan, Abnonku merupakan Duta Baca dan Literasi.

"Abnonku ini masih berstatus pelajar. Mereka bisa membagi pengalamannya untuk mendorong dan menarik minat baca untuk usia sebayanya," ujar Androfa saat menghadiri Grand Final Abnonku Jakarta Timur di kantor wali kota setempat, Jumat (24/8).

Androfa menjelaskan, Abnonku berperan penting dalam mendorong ketertarikan membaca sejak dini dan memperkenalkan literasi. Sehingga, membaca buku dapat menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat Ibukota.

Ia menambahkan, usai berkompetisi di tingkat kabupaten dan kota, juara Abnonku dari masing-masing wilayah akan berkompetisi di tingkat provinsi.

"Bagi mereka yang tidak juara di tingkat provinsi akan tetap diberdayakan pada event-event lain seperti, Hanjaba maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan literasi," tandasnya.