Sudin Gulkarmat Jakpus Sosialisasikan Gerikgastrik

Reporter : Suparni | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 24 Agustus 2018 11:51 WIB | Dibaca 501 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat melakukan sosialisasi Gerakan Pemeriksaan Kompor Gas dan Instalasi Listrik (Gerikgastrik) di permukiman Kelurahan Petojo Utara dan Karang Anyar.

" Kita sarankan agar mengganti selang yang robek dan menghindari penggunaan colokan bertumpuk, itu sangat berbahaya"

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Jakarta Pusat, Hardisiswan mengatakan, pemeriksaan kompor gas dan instalasi listrik dilakukan bersamaan di dua kelurahan masing-masing di RW 01 Kelurahan Petojo Utara, Gambir; dan di RW 01, RW 02, RW 04 dan RW 08 di Kelurahan Karang Anyar, Sawah Besar.

"Wilayah tersebut pernah terjadi kebakaran, kita edukasi dan berikan imbauan kepada warga terkait temuan petugas," ujarnya, Jumat (24/8).

Menurutnya, dalam pemeriksaan tersebut petugas masih menemukan adanya selang kompor gas yang sobek lantas diikat dengan solasi oleh pemilik rumah. Lalu banyak penggunaan saklar atau colokan listrik yang menumpuk sehingga berpotensi terjadinya kebakaran.

"Kita sarankan agar mengganti selang yang robek dan menghindari penggunaan colokan bertumpuk, itu sangat berbahaya. Jika terjadi kebocoran gas jangan hidupkan saklar listrik, lebih baik dikipas manual dan buka ventilasi lebar-lebar," tandasnya.