Gubernur Tinjau Pemotongan Hewan Kurban di RPH Dharma Jaya

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 22 Agustus 2018 19:10 WIB | Dibaca 613 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (22/8) sore. Kehadiran Anies untuk memastikan kelancaran pemotongan sapi kurban.

"Ada pemeriksaan kesehatan oleh Dinas KPKP DKI "

Gubernur tiba di RPH sekitar pukul 16.45 bersama anak ketiganya, Kaisar Hakam dan jajaran. Ia langsung mengenakan sepatu boot dan baju khusus untuk memasuki ruang pemotongan. Anies melihat proses pemotongan hingga pengemasan di RPH tersebut.

Menurut Anies proses pemotongan sapi di RPH yang dikelola oleh PD Dharma Jaya ini sangat terjamin kebersihan dan higienis. Selain pemeriksaan kesehatan hewan yang ketat, pemotongannya sesuai syariat Islam.

"Ada pemeriksaan kesehatan oleh Dinas KPKP DKI. Sehingga, sapi yang dipotong itu sehat dan aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Bahkan kelebihan dari RPH yang paling utama adalah kecepatan waktu dari proses potong hingga pengemasan. Sehingga bisa menghemat waktu dan lebih banyak yang dipotong.

"Saya menyaksikan langsung proses pemotongan dari awal sampai akhir. Mudah-mudahan tahun depan bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi oleh warga dan bisa untuk sarana edukasi bagi anak-anak sekolah," lanjut Anies.

Sementara, Dirut PD Dharma Jaya, Johan Ramadhon menjelaskan, hari pertama Idul Adha ini ada 170 ekor sapi kurban yang disembelih. Rinciannya, 70 ekor dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan 20 ekor dari masjid-masjid sekitar Venue Asian Games Equestrian, kemudian dari kantor pemerintahan dan swasta serta lainnya.

"Hari ini ada 170 ekor sapi yang dipotong untuk kurban. Pemotongan dilakukan mulai pukul 08.00 hingga malam hari," kata Johan.

Proses pemotongan hingga pengemasan untuk satu ekor sapi memakan waktu sekitar 30 menit. Dalam setiap shiftnya, pemotongan melibatkan 35 pekerja harian lepas (PHL) PD Dharma Jaya.