Anies dan Keluarga Salat Idul Adha di Balai Kota

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 22 Agustus 2018 10:07 WIB | Dibaca 406 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama istri, Fery Farhati serta ketiga anaknya, Mutiara Annisa, Ismail Hakim, dan Kaisar Hakam menunaikan Salat Idul Adha di halaman Balai Kota DKI Jakarta.

" Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha"

Pantauan beritajakarta.id, turut melaksanakan Salat Idul Adha di lokasi yang sama, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik; Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; serta sejumlah pimpinan SKPD dan ratusan warga.

Bertindak sebagai imam salat yang dimulai sekitar pukul 06.40 WIB, Ustaz Ahmad Fauzi Halim. Sementara, Ustaz Fahmi Salim Zubair bertindak sebagai khotib dengan ceramah yang mengangkat tema "Semangat Berkurban untuk Memajukan Ibukota dan Membahagiakan Warganya".

Usai rangkaian pelaksanaan Salat Idul Adha, Anies mengatakan, pelajaran yang dapat dipetik dari Idul Adha adalah tentang ketaatan dan kesalehan sosial.

"Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha," ujarnya, Rabu (22/8).

Anies menjelaskan secara kumulatif dari lima pemerintah kota (Pemkot) di DKI Jakarta terkumpul hewan kurban sebanyak 94 ekor sapi dan 224 kambing.

"Teknis pendistribusian daging kurban tersebut dilakukan langsung oleh Pemkot setempat," terangnya.

Pada kesempatan itu, Anies secara simbolis menyerahkan satu ekor sapi kurban seberat kurang lebih 1,2 ton.

Sementara, Panitia Kurban di Lingkungan Pemprov DKI yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pengurus Korpri DKI Jakarta, Amirudin menuturkan, jumlah hewan kurban yang diterima dari para Pejabat Pemprov DKI Jakarta dan BUMD sebanyak 14 sapi dan tiga kambing.

Ia menambahkan, sebanyak dua ekor sapi dan tiga ekor kambing langsung diserahterimakan kepada masyarakat melalui lembaga keagamaan dan sosial. Sementara, 12 sapi lainnya disembelih di Rumah Pemotongan Hewan Dharma Jaya, Penggilingin, Cakung, Jakarta Timur.

"Daging kurban akan didistribusikan kepada mustahik, serta pegawai Penyedia Jasa Lainnya Perorangan di lingkungan Balai Kota dan Dinas Teknis," tandasnya.