Wakil Wali Kota Seoul Kunker ke Jakarta Perkuat Sister City

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 21 Agustus 2018 21:39 WIB | Dibaca 383 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Wakil Wali Kota Seoul, Yoon Joon-byeong melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Ibukota dengan salah salah satu misi memperkuat kerja sama Sister City dengan Jakarta.

" Kami berharap banyak pertukaran positif yang bisa diambil"

Yoon Joon-byeong datang berama sejumlah delegasi lainnya seperti, Direktur Hubungan Internasional Seoul, Kim Ki-hyun; Deputi Direktur Bagian Kebijakan Olahraga Seoul, Kim Ka-young; Sekretaris Wakil Wali Kota Seoul, Ku In-mo; dan Manajer Bagian Hubungan Internasional Seoul, Kim Jun-tae.

Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Biro KDH/KLN Setdaprov DKI Jakarta, Shinta Nindyawati mengatakan, dalam pertemuan dengan delegasi Pemerintah Kota Seoul, Pemprov DKI Jakarta menyampaikan keinginan untuk mempelajari pembentukan badan otoritas pariwisata (tourism board) dari Seoul Tourism Organization.

"Kita juga ingin Seoul lebih berbagi pengalaman mengenai pemasaran industri pariwisata secara terpadu," ujarnya, Selasa (21/8).

Dijelaskannya, pertemuan tersebut juga menjadi langkah awal kerja sama di bidang promosi pariwisata. Pemprov DKI Jakarta menawarkan promosi objek wisata baik Jakarta maupun Seoul secara periodik.

"Akan ada kerja sama mutual advertisement dengan memanfaatkan utilitas publik di Jakarta maupun Seoul," terangnya.

Shinta menambahkan, pertemuan delegasi Sister City ini juga menjajaki kerja sama di bidang perkeretaapian, khususnya Light Rail Transit (LRT) antara Seoul Metro Rapid Transit (SMRT) dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Secara khusus, Yoon Joon-byeong ikut mencoba langsung LRT Jakarta dengan rute Stasiun Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur hingga Stasiun Boulevard Utara, di Kelapagading, Jakarta Utara.

"Kami berharap banyak pertukaran positif yang bisa diambil untuk kemajuan LRT Jakarta," ungkapnya.

Pada tahun 2016, sambungnya, telah terjalin kerja sama antara PT Jakpro dan Korea Railway Network Authority (KRNA) untuk studi kelayakan Koridor 1 Fase 2 dan koridor berikutnya serta pengadaan produk-produk perkeretaapian.

"Saat ini, PT Jakpro sedang melakukan pejajakan kerja sama dengan SMRT untuk lingkup Operation and Management," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan ke Jakarta, Wakil Wali Seoul, Yoon Joon-byeong juga menyaksikan pembukaan Asian Games XVIII, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.