20 Peserta OK OCE Dibekali Pelatihan Mengolah Salak dan Melinjo

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Selasa, 21 Agustus 2018 13:18 WIB | Dibaca 728 kali
(Foto : Oki Akbar / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar pelatihan mengolah buah salak dan melinjo kepada 20 peserta binaan OK OCE di kawasan Cagar Buah Condet, Jakarta Timur.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah keterampilan peserta binaan OK OCE "

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah keterampilan peserta binaan OK OCE. Terutama dalam pengolahan salak dan melinjo," ujar Darjamuni, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Selasa (21/8).

Ia menjelaskan, buah salak dan melinjo merupakan komoditas pertanian yang mudah dipanen. Di Cagar Buah Condet, panen salak bisa dilakukan dua kali dalam satu tahun dengan hasil sembilan ton.

"Tapi karena komoditas salak ini mudah busuk dan rusak, maka kami berinisiatif untuk melakukan pelatihan pengolahan," katanya.

Menurut Darjamuni, dari hasil pengolahan ini, salak bisa diolah mejadi dodol, sari buah, sirup, manisan dan keripik. Sedangkan melinjo bisa diolah menjadi kue kering, selai kulit dan teh.

"Pelatihan ini sekaligus dilakukan sebagai persiapan dari rencana Cagar Buah Condet yang akan dijadikan salah satu destinasi wisata," tandasnya.