Pemkot Jakbar Gelar Pemeriksaan Dini Penyakit Tidak Menular

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 20 Agustus 2018 13:23 WIB | Dibaca 395 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat, Senin (20/8), menggelar pemeriksaan dini penyakit tidak menular (PTM) di RPTRA Nusa Indah, Meruya Utara, Kembangan. Kegiatan ini dibuka Sekretaris Kota Jakarta Barat, Eldi Andi dan dihadiri Ketua TP PKK Jakarta Barat, Inad Luciawaty.

" Nanti warga dapat memeriksa kesehatan rahim dan payudara secara dini, tanpa dipungut biaya,"

Dalam sambutannya Eldi Andi mengatakan, kegiatan hasil kerja sama TP PKK tingkat kota dan kecamatan dengan Suku Dinas Kesehatan ini melakukan pemeriksaan dini untuk penyakit dini kanker payudara dan leher rahim. 

"Angka kasus kematian yang disebabkan kanker payudara dan leher rahim berada di posisi pertama dan kedua. Sehingga perlu upaya intensif guna menekan penyakit tidak menular ini," ujar Eldi Andi.

Ia juga mengapresiasi pembentukan komunitas Pria Penjaga Rahim (Pijar) di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. 

Menurut dia, komunitas  ini bisa jadi garda terdepan untuk mendeteksi dini penyakit kanker rahim. 

"Saya berharap komunitas serupa terbentuk di tujuh kecamatan lainnya, agar angka kematian yang disebabkan penyakit kanker leher rahim bisa dideteksi secara dini," paparnya. 

Ketua TP PKK Jakarta Barat, Inad Luciawaty menambahkan,  kegiatan ini kan digelar di tujuh kecamatan lainnya se-Jakarta Barat.

"Nanti warga dapat memeriksa kesehatan rahim dan payudara secara dini, tanpa dipungut biaya," ucap Inad.

Sementara Camat Kembangan, Agus Ramdani menambahkan pembentukan komunitas Pijar yang terdiri dari pengurus RT / RW, FKDM, LMK bertujuan mensosialisasikan pemeriksaan kesehatan rahim dan payudara, mulai dari keluarga dan warga lingkungan sekitarnya.

"Semakin cepat penyakit kanker rahim dan payudara terdeteksi, proses kesembuhan semakin besar. Kaum suami harus terlibat aktif sehingga deteksi penyakit mematikan bisa dideteksi secara dini," tandasnya.