Tim Penilai Lomba Sambangi Gapura RW 12 Cipinang Melayu

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 16 Agustus 2018 18:03 WIB | Dibaca 1833 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Tim penilai lomba gapura tingkat Provinsi DKI Jakarta melakukan penilaian gapura yang mewakili Jakarta Timur, di Jalan Harapan Indah X RT 04/12, Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Kamis (16/8).

" Dari segi estetika, kreativitas, kebersihan dan kekompakan warganya sangat kuat"

Setibanya di lokasi, tim yang berjumlah 10 orang disambut meriah oleh warga dan penampilan drumband dari murid PAUD Budi Harapan. Sekitar 30 menit tim mengamati kondisi gapura dan sekitarnya serta melakukan dialog dengan warga dan pengurus RW 12.

Ketua Tim Penilai, Gatot Purwanto mengatakan, sangat mengapresiasi warga dan pengurus RW yang kompak membangun gapura tersebut. Hasilnya sangat luar biasa, walau hanya menggunakan barang yang sangat sederhana. Pihaknya berharap, gapura ini bisa masuk nominasi lomba tingkat nasional.

"Dari segi estetika, kreativitas, kebersihan dan kekompakan warganya sangat kuat. Gapura juga sudah sesuai dengan tema yakni soal Kemerdekaan RI dan Asian Games," kata Gatot.

Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI, Raides Aryanto menambahkan, kehadiran tim ini juga untuk verifikasi dan mengecek kondisi langsung, apakah gambar yang dikirim dari tim tingkat kota itu sesuai dengan fakta di lapangan atau tidak.

"Ternyata setelah dicocokan, gambar dan fakta di lapangan sama. Bahkan kondisi riil sangat bagus, penuh dengan kreativitas. Ada nuansa Asian Games dan HUT Kemerdekaan RI," ungkap Raides.

Sementara, Ketua RW 12 Cipinang Melayu, Aspriyono Hanggo Djalu menyebutkan, butuh waktu sekitar satu bulan untuk membuat gapura. Seluruh material hasil swadaya warga dan yang mendesain hingga pembuatannya dilakukan gotong royong warga.

"Seluruh warga sangat kompak. Ada yang menjadi donatur, ada penyumbang material, ide, pemikiran sampai yang mendesain dan memasangnya. Semua berkolaborasi hingga terbentuklah gapura ini," ucapnya.

Menariknya, di sisi utara gapura ini terdapat layar lebar berukuran 6x4 meter. Rencananya layar digunakan untuk menonton bareng (nobar) Asian Games 2018, menggunakan proyektor. Di sisi seberangnya atau selatan, terdapat taman seluas sekitar 80 meter persegi. 

Di taman ini, tersedia tenda mini untuk mengoperasikan proyektor. Tak hanya itu, akses jalan menuju gapura juga dipenuhi bendera negara peserta Asian Games 2018.