Booster Pump dan Reservoir Sunter Resmi Dioperasikan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 15 Agustus 2018 14:39 WIB | Dibaca 591 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan pengoperasionalan booster pump dan reserboir Sunter di Jl Sunter Permai Raya, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (15/8). Selain meningkatkan layanan bagi warga, keberadaan fasilitas yang berdiri di atas lahan seluas 1.600 meter persegi tersebut juga untuk memastikan ketersediaan pasokan air bersih ke Wisma Atlet Kemayoran.

"Kebutuhan air satu orang itu sekitar 60 liter. Ini disiapkan untuk Wisma Atlet sekitar 40 liter perdetik, sudah mencukupi "

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, mengapresiasi upaya pihak Aetra dan PDAM yang memastikan pengoperasionalan instalasi sebelum pelaksanaan Asian Games. Dengan begitu, pasokan air bersih Wisma Atlet bisa dipastikan terpenuhi.

"Kebutuhan air satu orang itu sekitar 60 liter. Ini disiapkan untuk Wisma Atlet sekitar 40 liter perdetik, sudah mencukupi," katanya. 

Dijelaskan Saefullah, booster pump Sunter memiliki kapasitas tekan hingga 800 liter perdetik. Sedangkan reservoir memiliki kapasitas hingga 2.500 meterkubik.

Keberadaan reservoir itu sekaligus mengamankan ketersediaan air bila terjadi pemadaman listrik. Keberadaan booster juga memberikan peningkatan layanan aliran air ke rumah warga di kawasan permukiman daerah Pademangan Timur, Ancol, Kemayoran dan Gunung Sahari Selatan.

"Dari saat ini tekanan 0,5 meter bisa jadi 4 meter sampai di rumah warga. Kita akan pastikan PLN bisa penuhi pasokan listrik," tandasnya.