Saluran PHB Jl Kayumanis 9 Dikeruk

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 14 Agustus 2018 17:12 WIB | Dibaca 338 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Saluran penghubung (PHB) di Jalan Kayumanis 9, Gang Salam, Kelurahan Kayumanis, Matraman, Jakarta Timur dikeruk. Pengerukan dilakukan untuk menambah daya tampung saluran yang memiliki lebar 80 sentimeter itu.

"Panjang saluran air yang dikuras ini sekitar 200 meter "

Pantauan di lapangan, Selasa (14/8), belasan pekerja harian lepas (PHL) membersihkan saluran air di lingkungan RW 08 Kayumanis dengan peralatan sederhana. Sebab lokasinya tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat.

Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Matraman, Meta Pradoningrum mengatakan, pengerukan saluran air dilakukan karena kondisinya banyak sedimentasi. Hal ini juga untuk mencegah timbulnya genangan saat musim hujan nanti.

"Panjang saluran air yang dikuras ini sekitar 200 meter. Kita targetkan dalam waktu sepekan rampung dan pindah ke lokasi lain, yang kondisinya dangkal dan banyak sedimentasi," kata Meta.

Menurutnya, pengurasan saluran air ini menjadi program rutin, agar saat musim hujan saluran air dapat menampung debit air yang tinggi. Rata-rata lumpur yang dikuras ini ketebalannya sekitar 35 hingga 50 sentimeter. "Kalau sudah kering langsung kita angkut karung-karung lumpurnya," tandasnya.