54 Paskibra DKI Jakarta Dikukuhkan

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 14 Agustus 2018 17:18 WIB | Dibaca 727 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) DKI Jakarta yang akan bertugas saat upacara memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dikukuhkan.

" Insya Allah anda semua akan membuat kita semakin bangga"

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada para pelajar yang sudah terpilih menjadi Paskibra maupun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas di Istana Merdeka mewakili Provinsi DKI Jakarta.

"Adik-adik yang hari ini dilantik, anda sudah terpilih, terseleksi, dan anda menjadi sedikit anak-anak di Indonesia yang dipercaya menjadi pasukan pengibar bendera merah putih. Tunaikan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar Anies, saat acara pengukuhan Paskibra DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/8).

Anies mengingatkan, tugas sebagai Paskibra maupun Paskibraka harus bisa membangkitkan ingatan terhadap jasa-jasa para pejuang kemerdekaan.

Pasalnya, pengibaran bendera merah putih yang berlangsung selama kurang lebih tiga menit bukan hanya sekadar seremonial, tapi harus menjadi momentum untuk mengingat perlunya waktu lama untuk meraih kemerdekaan hingga merah putih berkibar di seluruh nusantara.

"Selamat bekerja, berjuang, jaga semangat dan nama baik. Insya Allah anda semua akan membuat kita semakin bangga," ungkapnya.

Kepada orang tua Paskibra dan Paskibraka, Anies juga menyampaikan terima kasih dan rasa bangga. Sebab, hasil yang diperoleh saat ini menjadi bagian dari didikan, tempaan, dan disiplin yang ditanamkan para orang tua di rumah.

Tidak hanya itu, sambungnya, guru dan kepala sekolah juga harus diapresiasi karena telah mendedikasikan waktu dan tenaga untuk memfasilitasi para peserta didik hingga mampu dan terpilih menjadi anggota Paskibra dan Paskibraka.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya," tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Ratiyono menambahkan, proses seleksi Paskibra dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi sejak Februari lalu.

"Kami juga menyeleksi satu pasang Paskibra DKI Jakarta yang akan bertugas sebagai Paskibraka di Istana Merdeka," tandasnya.