Wagub Buka Pameran Flona Tahun 2018

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 10 Agustus 2018 12:38 WIB | Dibaca 654 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno membuka pameran Flora dan Fauna (Flona) Tahun 2018 di Taman Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

" Memberi peluang dan mendorong pertumbuhan ekonomi"

Sandi mengatakan, dirinya mengapresiasi upaya-upaya dan kerja nyata dari seluruh pihak untuk menjaga kelestarian, keasrian, serta keindahan lingkungan.

"Ini bagian dari konsep partisipatif kolaboratif yang ingin kita hadirkan. Mudah-mudahan dapat buka ruang-ruang publik kita untuk kegiatan-kegiatan seperti ini," ujarnya, Jumat (10/8).

Ia berharap, pameran Flona ke-33 tersebut dapat meningkatkan ekonomi kreatif serta memfasilitasi para pengusaha pemula untuk semakin membuka lapangan kerja.

Sementara, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal menjelaskan, pemeran Flona Tahun 2018 mengangkat tema "Synergreen" akronim dari Synergy Energy dan Greenery.

Tema ini bermakna perlunya adanya sinergitas antara manusia secara global dan antar elemen yang ada di bumi untuk menjadi satu kesatuan energi sebagai sumber hidup, dalam menciptakan bumi yang hijau, bersih maupun berkelanjutan.

"Melalui acara ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta masyarakat terhadap alam dan lingkungan," ungkapnya.

Yusmada menambahkan, pameran Flona Tahun 2018 juga diselenggarakan dalam rangka menyambut Asian Games XVIII dan Asian Para Games III. Pasalnya, pasca revitalisasi kawasan Lapangan Banteng juga menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bisa didatangi tamu-tamu negara dan wisatawan peserta Asian Games maupun Asian Para Games.

"Di sini ada perpaduan nilai historis, ekologis dan estetis, yang siap diperkenalkan kembali, baik kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara," tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Flona tahun ini, diselenggrakan 10 Agustus–10 September 2018 dan dibuka mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Stan-stan dari lima wilayah kota serta 280 tenant UMKM dari Jakarta dan luar Jakarta ikut berpartisipasi.