Perpustakaan Kelurahan Marunda Dikunjungi 1.000 Warga Perbulan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 09 Agustus 2018 11:25 WIB | Dibaca 403 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Sejak diresmikan Desember 2017 lalu jumlah pengunjung perpustakaan Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara terus bertambah. Perpustakaan yang dikelola pihak kelurahan itu, kini melayani sekitar 50-100 pengunjung setiap harinya.

" Bukunya berasal dari Perpustakaan Kota dan sumbangan berbagai pihak. Di antaranya buku pengetahuan umum, teknik dan cerita"

Lurah Marunda, Hilda Damayanti mengatakan, pengunjung perpustakaan terdiri dari berbagai usia, mulai dari anak usia dini hingga dewasa. Saat ini koleksi buku perpustakaan mencapai 56.000 eksemplar dengan sekitar empat ribu lebih judul.

"Bukunya berasal dari Perpustakaan Kota dan sumbangan berbagai pihak. Di antaranya buku pengetahuan umum, teknik dan cerita," ujarnya, Kamis (9/8).

Dijelaskan Hilda, perpustakaan kelurahan buka Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00 hingga sekitar pukul 16.00. Perpustakaan juga dilengkapi dengan wifi, ruangan ber AC dan taman baca di area pelataran. 

Setiap harinya operasional perpustakaan dikelola oleh dua orang tenaga sukarelawan dari masyarakat yang mendapat dukungan CSR dari salah satu lembaga pendidikan swasta. 

Selain membaca di tempat, lanjut Hilda, pengelola juga menggelar layanan perpustakaan sepeda yang setiap hari menyasar sejumlah sekolah di kawasan Kelurahan Marunda.

Tak hanya itu, mereka juga sudah mendirikan panggung seni kreasi permanen di pelataran kantor kelurahan. Panggung tersebut sebagai wadah kegiatan kreasi dan penyaluran bakat aktualisasi anak dari hasil membaca.

"Layanan Wifi sampai pukul 22.00. Makanya sejak diresmikan terus bertambah dan kini rata-rata setiap bulannya didatangi sekitar 1.000 pengunjung," tandasnya.