Dinas SDA Optimistis Serap Anggaran Hingga 90 Persen

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Rabu, 08 Agustus 2018 22:03 WIB | Dibaca 333 kali
(Foto : Oki Akbar / Beritajakarta.id)

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta optimistis bisa menyerap serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 hingga 90 persen.

" 90 persen saya targetkan dapat terealisasi sampai akhir tahun"

"90 persen saya targetkan dapat terealisasi sampai akhir tahun," ujar Teguh Hendarwan, Kepala SDA DKI Jakarta, Rabu (8/8).

Teguh menjelaskan, sejauh ini, pihaknya baru berhasil menyerap anggaran sebesar 19,97 persen atau Rp 908,3 miliar dari total APBD 2018 sebesar Rp 4,54 triliun. Salah satu penyebab rendahnya serapan anggaran karena masih adanya sejumlah pengerjaan program pengendalian banjir yang dibayar per termin.

Meski demikian, ia memastikan, dalam waktu dekat, ada sejumlah pengerjaan yang telah rampung 25 hingga 75 persen dan bisa segera dibayarkan.

"Setelah pembayaran itu baru dapat kelihatan angka serapan anggaran kita," ungkapnya.

Teguh juga menjamin seluruh proyek strategis pada tahun ini telah berjalan. Antara lain seperti pembangunan dinding turap proyek NCICD di kawasan Kamal Muara dan Kali Blencong senilai Rp 145 miliar.

Kemudian pembangunan Waduk Jagakarsa, Waduk Pekayon, Waduk Koja dan Waduk Cimanggis senilai Rp 75 miliar.

"Termasuk pengadaan alat berat yang juga sudah berjalan dengan nilai Rp 182 miliar. Ini sudah kami lakukan pembayaran sebagian dan ada yang sudah proses pengiriman barang," ungkapnya.

Ia menambahkan, total seluruh kegiatan yang dilaksanakan Dinas SDA DKI Jakarta pada tahun ini ada sebanyak 173 kegiatan dengan rincian 64 kegiatan dinas dan 109 kegiatan suku dinas di tiap wilayah.

"Saya yakin ini akan terserap. Kami paham apa yang sudah kami rencanakan dan harus direalisasikan," tandasnya.