Sudin KPKP Jaktim Periksa Hewan Kurban di Pondok Kelapa

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 08 Agustus 2018 15:15 WIB | Dibaca 505 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur melakukan pemeriksaan 120 hewan kurban, di Jalan Raya Pondok Kelapa, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Rabu (8/8).

" Kami mengimbau dan merekomendasikan pada warga yang hendak berkurban, sebaiknya belilah hewan kurban di lokasi yang telah dipasangi stiker"

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang ingin membeli hewan kurban. Pemeriksaan lebih pada kesehatan hewan itu sendiri. Secara umum kondisi hewan di lokasi tersebut sangat baik dan sehat. Hanya ada satu ekor sapi yang nafsu makannya berkurang dan satu lagi lemas karena telah menempuh perjalanan jauh, dari Bali dan Madura.

"Sapi yang lemas kita berikan elektrovit untuk menambah stamina dan yang tak nafsu makan diberi vitamin. Kondisi sapi di sini sehat semua dan layak untuk berkurban,” kata Irma Budiany.

Petugas yang dikerahkan berjumlah 10 orang, tiga di antaranya merupakan dokter hewan. Mereka memeriksa seluruh sapi yang didatangkan dari Madura dan Bali. Pemeriksaan meliputi kesehatan hewan, usia sapi dengan mengecek pada gigi dan tanduknya.

Menurutnya, selain memeriksa kesehatan hewan pihaknya juga memeriksa surat kesehatan hewan dari daerah asal. Seluruhnya juga telah dilengkapi. Sehingga pihaknya memasang stiker layak kurban untuk hewan yang telah dinyatakan sehat.

“Kami mengimbau dan merekomendasikan pada warga yang hendak berkurban, sebaiknya membeli hewan kurban di lokasi yang telah dipasangi stiker. Karena kesehatan hewannya sudah kita periksa, kalau yang tidak ada stikernya kami tidak menjamin," tandasnya.