Pemkot Jaksel Uji Coba Rekayasa Lalin di Pondok Labu

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Selasa, 07 Agustus 2018 16:53 WIB | Dibaca 377 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan hari ini melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Jalan Pondok Labu,  Pondok Labu, Cilandak.

" Di sepanjang Pondok Labu, volume kendaraannya luar biasa. Karena itu, kita coba hari ini melakukan rekayasa lalin"

Uji coba rekayasa lalin dilakukan untuk mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di sekitar lokasi.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Arifin mengatakan, kawasan Pondok Labu merupakan salah satu akses masuk kendaraan dari arah Cinere menuju ke Jakarta. Sehingga kemacetan lalu lintas sering terjadi di kawasan tersebut.

"Ini menjadi perhatian kita bahwa jalan di sepanjang Pondok Labu, volume kendaraannya luar biasa. Karena itu, kita coba hari ini melakukan rekayasa lalin," ujarnya, Selasa (7/8).

Ia menyebutkan, selama uji coba rekayasa lalin, kendaraan dari arah Fatmawati menuju Pondok Labu dan Cinere tidak bisa lurus, melainkan harus belok kiri melalui Jalan Pinang, Jalan Pinang 1, kemudian belok kanan ke Jalan Margasatwa Raya. Setelah itu kendaraan belok ke kiri ke arah Cinere.

Arifin berharap, dengan adanya rekayasa lalin ini, kemacetan di sekitar lokasi bisa terurai. Karena sudah tidak ada lagi pertemuan kendaraan dari arah Fatmawati dan Jalan Margasatwa Raya di Traffic Light Pasar Pondok Labu.

"Rekayasa dilakukan untuk mengurai kemacetan dan memberikan kelancaran terhadap arus lalu lintas yang berada di jalur tersebut," ucapnya.

Menurut Arifin, rekayasa lalin akan diberlakukan 24 jam. Nantinya di lokasi akan ditempatkan petugas untuk mengarahkan pengendara. Uji coba rekayasa lalin sendiri dijadwalkan digelar selama dua pekan dan dievaluasi.

"Di titik-titik yang menjadi krusial kemacetan lalin, ada anggota kita untuk membantu mengatur arus lalin," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan, Christianto menambahkan, dalam uji coba rekayasa lalin ini,  pihaknya bekerja sama dengan Kelurahan Pondok Labu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita lihat dalam satu dua minggu di lapangan apa saja kekurangan dari yang kita terapkan ini," tandasnya.