Sudin PPAPP Kepulauan Seribu Luncurkan Program Sekolah Siaga Kependudukan

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 03 Agustus 2018 15:33 WIB | Dibaca 570 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kepulauan Seribu meluncurkan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di SMAN 69, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Jumat (3/8).

" Program SSK menjadi wadah bagi program-program yang digulirkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) seperti PIK remaja, genre (genre goes to school) dan lain-lain. Sehingga dapat berjalan berdampingan dan simultan"

Kepala Sudin PPAP Kepulauan Seribu, Poltak Munthe mengatakan, program SSK ini mengintegrasikan materi kependudukan dengan mata pelajaran sesuai dengan pokok bahasan. Sehingga bukan mata pelajaran baru, dan tidak menambah jam pelajaran, serta tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Namun justru mempertajam materi yang dibahas.

"Program SSK menjadi wadah bagi program-program yang digulirkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) seperti PIK remaja, genre (Generasi Berencana goes to school) dan lain-lain. Sehingga dapat berjalan berdampingan dan simultan," kata Poltak.

Kasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kepulauan Seribu, Maman Mansyur menambahkan SSK mengintegrasikan muatan materi pendidikan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

"Ini dimaksudkan, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan secara lebih luas. Dan guru harus mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai kurikulum,” ujarnya.

Untuk memperlancar pemberian materi, pihaknya memberikan seperangkat sarana penunjang SSK berupa, lemari buku, meja tiga unit, poster akrilik, roll banner, dan KIE terkait kependudukan.

"Semoga ini semua dapat memperkaya pemahaman siswa akan kependudukan dan keluarga berencana,” tandasnya.