50 Warga RW 09 Klender Dilatih Tanggulangi Kebakaran

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 03 Agustus 2018 12:05 WIB | Dibaca 345 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 50 warga RW 09 Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran, Jumat (3/8). Selain teori, warga juga langsung praktik pemadaman api.

" Makanya dalam kesempatan ini warga kita ajak praktik langsung memadamkan api menggunakan handuk basah maupun alat pemadam api ringan"

Plt Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran ini dilakukan agar warga memahami tentang bahaya kebakaran. Apalagi di musim kemarau ini, kasus kebakaran ada saja terjadi di sejumlah wilayah.

"Permukiman ini padat penduduk dan kalau terjadi kebakaran sangat rawan. Akses masuk sempit dan sumber air jauh. Makanya warga diedukasi melakukan cegah dini agar kebakaran tidak terjadi," kata Muchtar Zakaria.

Di permukiman ini, lanjut Muchtar, seorang warganya beberapa waktu lalu rumahnya nyaris terbakar saat memasak, ditinggal pergi dengan kondisi kompor menyala. Kemudian, warga tersebut mencoba mematikan dengan handuk basah. Namun tak berhasil dan api malah membesar. 

"Makanya dalam kesempatan ini warga kita ajak praktik langsung memadamkan api menggunakan handuk basah maupun alat pemadam api ringan," tandasnya.

Ia juga mengimbau agar warga, hendaknya memiliki tabung alat pemadam api ringan. Ini untuk mencegah jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, warga dapat melakukan penanganan awal agar api tak membesar dan merembet ke bangunan lainnya.