Kunker ke Moskow, Sandi Tindaklanjuti Kerja Sama Sister City

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 02 Agustus 2018 10:40 WIB | Dibaca 418 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Moskow, Rusia untuk menindaklanjuti kerja sama Sister City antara kedua belah pihak.

" Kedatangan di Moscow ini kami meyakini akan semakin mempererat kerja sama antara kedua kota, Jakarta-Moskow"

Sandi mengatakan, Memorandum of Understanding (MoU) antara Jakarta dengan Moskow sudah diperbarui sejak tahun 2017. Namun, kerja sama yang terjalin perlu lebih dikonkretkan dan direalisasikan. Terutama, dalam hal penciptaan lapangan kerja (job creation), mewujudkan biaya hidup yang lebih terjangkau (affordability living), dan peningkatan partisipasi kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi.

"Melalui kedatangan di Moskow ini, kami meyakini akan semakin mempererat kerja sama antara Jakarta dan Moskow," ujarnya, usai pertemuan di Kantor Pemerintahan Kota Moskow, Tverskaya Street Nomor 13, Moskow, Rusia, Rabu (1/8) waktu setempat.

Ia menambahkan, terbuka peluang kerja sama antara pelaku usaha baik di Jakarta maupun Moskow dengan pemerintah setempat, utamanya melalui skema public private partnership.

"Kita bisa berkolaborasi terkait infrastruktur pengelelolaan sampah, air, limbah, maupun energi terbarukan," terangnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Moskow, Khusnullin Marat mengapresiasi tindak lanjut nota kesepahaman antar dua kota besar Jakarta dan Moskow dengan harapan kerja sama ini juga dapat menjadi ajang transfer ilmu pengetahuan antar kedua pemerintahan dalam mengelola kotanya masing-masing.

"Saya mengapresiasi pertemuan ini dan akan terus menindaklanjuti MoU Sister City antara Jakarta-Moskow yang telah diperbarui sejak tahun 2017 lalu," tandasnya.