Mal Sadar Zakat di Jakarta Bertambah

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 31 Juli 2018 21:23 WIB | Dibaca 309 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Keberadaan pusat perbelanjaan yang dapat memfasilitasi muzaki di Jakarta untuk menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) semakin bertambah seiring diresmikannya Plaza Kenari Mas dan LTC Glodok sebagai Mal Sadar Zakat.

" Tahun ini mudah-mudahan kita capai target pengumpulan dana ZIS Rp 300 miliar"

Sebelumnya, Mal Sadar Zakat sudah ada di pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta Pusat, dan Seasons City, Jakarta Barat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, Mal Sadar Zakat ini terealisasi atas prakarsa Badan Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Bazis) Provinsi DKI Jakarta.

"Gerai ini berfungsi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menunaikan ZIS dan amal sosial," ujarnya, saat acara peresmian di Plaza Kenari Mas, Jakarta Pusat, Selasa (31/7).

Sandi menjelaskan, peresmian hari ini menjadi momentum strategis untuk membantu para mustahik agar bisa semakin sejahtera.

"Alokasi ZIS yang terkumpul kita ingin tingkatkan untuk membantu mengurangi kemiskinan dan membantu juga program-program peningkatan ekonomi umat melalui pemberdayaan ekonomi mikro," terangnya.

Sandi meminta, Bazis DKI untuk dapat meneruskan ikhtiar perluasan gerai pemgumpulan ZIS di titik-titik potensial serta mengetifkan pendistribusiannya agar sesuai target dan tepat sasaran.

"Tahun ini mudah-mudahan kita capai target pengumpulan dana ZIS Rp 300 miliar," tandasnya.

Untuk diketahui, hingga Juli 2018 dana ZIS yang terkumpul sudah mencapai Rp 97 miliar. Sementara, dana ZIS yang sudah didistribusikan hingga Juni 2018 sebesar Rp 79 miliar.