Sandi Ingin BUMD Saling Bersinergi dan Punya Daya Saing

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 31 Juli 2018 15:58 WIB | Dibaca 843 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dapat lebih saling bersinergi dan memiliki daya saing.

" Terus kita dorong agar BUMD Jakarta lebih punya daya saing"

Dikatakan Sandi, persaudaraan atau sinergi perlu dilakukan melalui komunikasi yang efektif di antara BUMD, Badan Pembinaan (BP) BUMD, dan stakeholders untuk melahirkan komitmen sukses bersama, dengan upaya saling memberikan solusi dalam memecahkan permasalahan.

Menurutnya, BUMD juga perlu memiliki etos kerja performa juara untuk mencapai target korporasi dan KPI sesuai rencana strategis masing-masing perusahaan, dan sesuai RPJMD.

"Penguatan dari aspek bisnis ini pada akhirnya akan menguatkan kondisi keuangan para pihak yang bersinergi," ujarnya, usai menghadiri acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk Sinergi BUMD, di Wisma Nusantara, Jl MH THamrin, Jakarta Pusat, Selasa (31/7).

Sandi menambahkan, agar bisa terus maju, BUMD juga harus progresif. Tujuannya, untuk menciptakan akumulasi manfaat bersama bagi warga Jakarta.

"Konsep triple P sinergi yakni, Persaudaraan, Performa Juara dan Progresif ini harus bisa diimplementasikan. Sinergisitas antar BUMD dapat mengirimkan pesan yang jelas ke dunia usaha untuk membuka peluang kerja sama dengan BUMD," terangnya.

Untuk diketahui, penandatangan kerja sama dilakukan antara PT MRT Jakarta dengan PD Pasar Jaya terkait pemanfaatan lahan untuk pembangunan dan pengoperasian gedung fungsi campuran di lahan Eks Pasar Blora, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan yang sama, PT MRT Jakarta, PD Pembangunan Sarana Jaya, dan PT Jakarta Propertindo juga menyepakati kerja sama pengembangan kawasan berorientasi transit di stasiun dan area Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sandi berharap, penandatanganan kesepakatan kerja sama di kedua lokasi tersebut dapat menjadi sebuah kawasan transit oriented development (TOD) ikonik yang akan memudahkan layanan kepada masyarakat.

"Sinergi BUMD ini strategi Pemprov DKI Jakarta seperti tertuang dalam RPJMD 2017-2022. Terus kita dorong agar BUMD Jakarta lebih punya daya saing, sekaligus konkret meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.