Pemprov DKI Siapkan Grand Design Peningkatan Kualitas Udara

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 30 Juli 2018 17:17 WIB | Dibaca 467 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menyusun grand design peningkatan kualitas udara. Tujuannya, agar kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak yang tinggal di Ibukota dapat lebih terjamin.

" Kita membutuhkan upaya terintegrasi"

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar Muadzin Mungkasa menuturkan, grand design yang disusun merupakan komitmen dan konsensus dengan para pemangku kepentingan untuk mencapai visi bersama dalam memperkuat manajemen kualitas udara di Jakarta

"Terjadinya polusi udara perlu di atasi langsung dari sumbernya. Untuk itu, diperlukan upaya meningkatkan pemantauan serta kebijakan yang mendukung tindakan mengatasi polusi udara," ujarnya, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/7).

Oswar menjelaskan, grand design peningkatan kualitas udara di Jakarta akan dikembangkan melalui pendekatan kolaboratif yang memprioritaskan kemitraan pemerintah dan non-pemerintah, serta antara Pemprov DKI dengan pemerintah daerah di sekitarnya.

"Kita membutuhkan upaya terintegrasi, tidak bekerja sendiri-sendiri agar hasilnya lebih optimal," terangnya.

Ia menambahkan, banyak non government organization (NGO) baik yang berskala nasional maupun internasional yang siap bermitra dengan DKI Jakarta dalam menyusun grand design tersebut.

"Terbuka kerja sama dengan UNICEF berkaitan dengan kesehatan anak. Sementara, NASA juga menyatakan kesediaannya membantu membuat peta polusi udara di Jakarta," tandasnya.