45 Peserta Ikuti Bimtek JDIH Kemenkum HAM

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 30 Juli 2018 14:58 WIB | Dibaca 354 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 45 peserta mengikuti bimbingan teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkum HAM) DKI, di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin (30/7). Kegiatan ini membahas persoalan dokumentasi produk-produk hukum secara elektronik.

" Teknologi sekarang sudah canggih, orang  mencari informasi soal hukum tinggal klik google, ada jawabannya. Namun tentunya ini harus disikapi dengan jaringan JDIH"

Peserta merupakan perwakilan dari Biro Hukum Pemprov DKI, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, Perpustakaan Nasional dan instansi terkait lainnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Bambang Sumardiyono mengatakan, JDIH kondisinya saat ini sangat dibutuhkan masyarakat secara umum. Terutama dalam persoalan hukum, saat ini masyarakat bisa menggali informasi melalui internet.

"Teknologi sekarang sudah canggih, orang  mencari informasi soal hukum tinggal buka internet, ada jawabannya. Namun tentunya ini harus disikapi dengan jaringan JDIH," kata Bambang.

Menurutnya, sesuai Perpres no 33 tahun 2012, setiap instansi pemerintah, baik pemerintah daerah tingkat 1 dan 2, kementerian, pengadilan negeri, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung hingga perguruan tinggi wajib memiliki website JDIH. Karena melalui JDIH semua produk hukum dapat diupload melalui website tersebut.

"Jika semua instansi memiliki JDIH maka akan semakin banyak informasi hukum yang didapat masyarakat," lanjut Bambang.