Puing Reruntuhan Rumah Roboh di Kebagusan Dievakuasi

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Senin, 30 Juli 2018 14:47 WIB | Dibaca 326 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengevakuasi puing sisa reruntuhan bangunan rumah warga Jalan Kebagusan II Gang Amil Nomor 5 RT 011/06, Pasar Minggu yang roboh akibat terkena dampak proyek galian kabel, Minggu (29/7).

" Kami terima laporan pukul 18.40 dari ketua RT setempat. Penanganan selesai pukul 00.05, ada satu orang yang terluka akibat peristiwa ini"

Kepala Sektor II Kebayoran Baru Suku Dinas Gulkamat Jakarta Selatan, Sartono mengatakan, peristiwa ini terjadi pukul 17.30 kemarin. Dalam kejadian tersebut, pihaknya mengerahkan tiga unit penyelamat dengan jumlah personel 20 orang untuk penanganan di lokasi.

"Kami terima laporan pukul 18.40 dari ketua RT setempat. Penanganan selesai pukul 00.05. Ada satu orang yang terluka akibat peristiwa ini," ujarnya, Senin (30/7).

Ia menjelaskan, peristiwa ini terjadi akibat adanya proyek galian kabel sepanjang 200 meter yang menuju gardu listrik dan melintas di sekitar rumah warga. Selain galian kabel, di sekitar lokasi juga tengah dibuat saluran air.

"Sedang dibuat juga saluran air atas permintaan warga sekitar dan telah disepakati pihak Kelurahan Kebagusan, RW, RT serta warga," ucapnya.

Menurutnya pengerjaan galian kabel dengan saluran ini saling berhubungan. Karena nantinya kabel akan ditanam di bawah saluran. Titik pekerjaan sendiri tepat berada di samping rumah warga yang roboh.

"Kami mengevakuasi sisa reruntuhan, seperti kayu dan tembok yang roboh untuk mengurangi beban. Selanjutnya tembok ditopang dengan beberapa balok di sisi timur agar tidak roboh ke rumah warga di sampingnya," tandasnya.