Sandi Pastikan Pemprov DKI Dukung GPN

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 27 Juli 2018 15:42 WIB | Dibaca 536 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno memastikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan mendukung sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang diinisiasi Bank Indonesia.

" GPN menjadi langkah terobosan layanan pembayaran"

Sandi mengatakan, sebagai langkah awal, pegawai dan seluruh layanan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta akan diarahkan untuk menggunakan kartu ATM atau debet berlogo GPN dalam satu tahun ke depan.

"Kami ingin ini dilakukan masif. Targetnya, mungkin antara enam sampai 12 bulan seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DKI, penyedia jasa, dan BUMD bergabung di sistem pembayaran ini, menggunakan kartu berlogo GPN," ujarnya saat menghadiri sosialisasi GPN Kepada Korporasi di Jakarta di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (27/7).

Sandi menjelaskan, penggunaan kartu GPN memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas. Selain dapat digunakan di seluruh ATM antar bank dan terminal pembayaran dalam negeri, penggunanya dapat bertransaksi dengan biaya lebih rendah.

"GPN menjadi langkah terobosan layanan pembayaran. Masyarakat dapat mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas," terangnya.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta, Trisno Nugroho menambahkan, adanya efisiensi dalam bertransaksi menggunakan Kartu GPN akan membuat ekonomi berjalan lebih cepat.

"Kartu berlogo GPN bisa digunakan di ATM bank manapun serta mesin Electronic Data Capture (EDC)," tandasnya.

Untuk diketahui, pemilik kartu berlogo GPN dapat bertransaksi di mesin EDC secara lebih murah, dari Merchant Discount Rate (MDR) sebesar 2-3 persen menjadi 1 persen.