Gulkarmat Jaktim Gelar Simulasi Evakuasi Kebakaran di RS Jantung Jakarta

Reporter : Nurito | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 24 Juli 2018 21:39 WIB | Dibaca 500 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, menggelar simulasi evakuasi korban kebakaran di RS Jantung Jakarta, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Selasa (24/7).

"Materi yang kita berikan secara teori maupun prakti k penanganan kebakaran di dalam gedung."

Kegiatan ini melibatkan 68 petugas gabungan yang terdiri dari Sudin Gulkarmat, rumah sakit, Satpol PP dan TNI/Polri langsung mempraktikan cara penanggulangan kebakaran. Masing-masing berbagi tugas melakukan evakuasi dan penanganan korban kebakaran, termasuk menyelamatkan korban dari lantai 7 dengan ketinggian 24 meter menggunakan tambang.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya memberikan materi soal keselamatan gedung. Kemudian cara menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran di dalam gedung.

"Materi yang kita berikan secara teori maupun praktik penanganan kebakaran di dalam gedung. Termasuk bagaimana cara penyelamatan dan evakuasi korban jika kebakaran terjadi di atas ketinggian gedung," kata Gatot.

Plh Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria menambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan para pekerja di dalam gedung bertingkat dapat memahami tentang bahaya dan melakukan penanganan awal. 

"Kami akan terus mensosialisasikan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran sejak dini," tandas Muchtar.