3 Unit Vacuum Truck Dikerahkan Sedot Limbah di Kali Item

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 23 Juli 2018 16:47 WIB | Dibaca 1104 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sebanyak 3 unit vacuum truck dikerahkan oleh PD PAL Jaya untuk menyedot limbah dari kali item yang bersebelahan dengan Wisma Atlet. Pengerahan vacuum truck tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi PD Pal Jaya terhadap pelaksanaan perhelatan Asian Games 2018.

"Untuk membantu mengurangi polutan dan bau tersebut, maka kita mengerahkan sebanyak 3 unit vacuu m truck untuk menyedot kali item"

Jika dilihat dasar kalinya, tanah di dasar kali telah menjadi hitam karena mengendap dan bercampur berbagai polutan bertahun-tahun. Tanah inilah kemudian salah satu penyebab membuat warna air menjadi hitam dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

"Untuk membantu mengurangi polutan dan bau tersebut, maka kita mengerahkan sebanyak 3 unit vacuum truck untuk menyedot kali item," ujar Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan PD PAL Jaya, Ahadiat Syafari, Senin (23/7).

Dijelaskan Ahadiat, satu unit vacuum truck tersebut memiliki kapasitas empat kubik. Perharinya ke-3 vacuum truck akan menyedot limbah sebanyak dua kali. Limbah yang disedot akan dibuang ke tempat pembuangan limbah Duri Kosambi, Jakarta Barat.

"Pengerahan sudah dilakukan sejak tanggal 11 Juli, satu unit truck dikendalikan oleh dua operator,” tandasnya.