RSU Kecamatan Kembangan Terapkan Layanan Khusus Lansia

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 20 Juli 2018 19:23 WIB | Dibaca 276 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Rumah Sakit Umum tipe D Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, sejak Mei lalu telah menerapkan layanan khusus untuk pasien lanjut usia.

" Kami memberikan pelayanan cepat, ramah, mudah dan berkualitas sehingga lansia merasa nyaman dan bahagia"

Direktur RSU Kecamatan Kembangan,  Irma Riani mengatakan, layanan khusus ini mereka namakan sistem antrian (Santri) Prioritas Lansia. 

“Melalui Santri Prioritas Lansia ini, kami memberikan pelayanan cepat, ramah, mudah dan berkualitas sehingga lansia merasa nyaman dan bahagia," ujar Irma, Jumat (20/7). 

Ia memaparkan, dengan sistem ini pasien lansia diberi kalung khusus saat masuk ruang pendaftaran. Selanjutnya petugs akan membantu mengambil nomor antrian pasien.  

"Nomor antrian di RSU Kembangan tersedia dua tombol yakni pasien umum dan lansia," paparnya. 

Setelah menerima nomor antrian, lanjut Irma, pasien lansia menunggu di kursi prioritas dengan pendampingan dokter. 

"Dengan sistem ini, layanan untuk pasien lansia maksimal hanya butuh waktu 40 menit, mulai mereka datang hingga selesai. Sebelumnya bisa sampai satu jam lebih," ujarnya.  

Selain itu, jelas Irma, pihaknya juga membina 25 lansia yang tergabung dalam Forum Seroja (sehat raga jasmani). Mereka rutin mengikuti senam lansia setiap Selasa dan Jumat, serta penyuluhan kesehatan dari rumah sakit. 

"Pada tahun lalu, Forum Seroja tampil sebagai juara lomba senam kata berantai untuk tingkat Kota Jakarta Barat," tandasnya.