TMR Miliki Koleksi Rusa Bawean Maskot Asian Games

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Jumat, 20 Juli 2018 15:30 WIB | Dibaca 536 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan dipilih menjadi lokasi puncak acara kegiatan Pawai Api Obor (Torch Relay) Asian Games VXIII.

" Di Ragunan ini ada maskot Asian Games, Rusa Bawean yang di habitat aslinya terancam punah"

Dipilihnya kebun bintang yang masih menjadi destinasi wisata favorit warga tersebut bukan tanpa alasan. Salah satunya karena satu dari tiga maskot Asian Games, Rusa Bawean yang disebut Atung dipelihara dan berkembang biak dengan baik di TMR.

"Ada beberapa alasan. Salah satunya di Ragunan ini ada maskot Asian Games, Rusa Bawean yang di habitat aslinya terancam punah. Sementara di sini berkembangbiak dengan baik," ujar Marullah Matali, Wali Kota Jakarta Selatan saat berada di TMR, Jumat (20/7).

Menurut Marullah, di wilayah DKI Jakarta, hanya TMR yang memelihara sekaligus mengembangbiakan Rusa Bawean. Terlebih hewan yang terancam punah ini memang dilarang dipelihara masyarakat luas.

"Rusa Bawean ini tidak dipelihara di mana-mana. Yang formal dan resmi adanya hanya di Ragunan. Makanya kami pilih tempat ini sebagai lintasan Torch Relay," katanya.

Marullah melanjutkan, Badak Bercula Satu yang juga menjadi salah satu maskot Asian Games sempat menjadi koleksi dari TMR. Namun karena kebijakan dari pemerintah, pihak pengelola telah mengembalikan hewan tersebut ke Taman Nasional Ujung Kulon.

"Sebenarnya di Ragunan ini juga sempat memiliki Badak Bercula Satu. Tapi sudah dikembalikan ke habitatnya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola (UP) TMR, Dina Himawati menambahkan,  rute Torch Relay tidak melintasi kandang Rusa Bawean. Namun pihaknya akan menyiapkan kandang sementara untuk Rusa Bawean agar nantinya tetap bisa dilihat masyarakat.

"Beberapa ekor akan kami tempatkan di kandang sementara. Lokasinya masih di dalam TMR, tapi agak ke depan," tandasnya.

Seperti diketahui, Rusa Bawean ini merupakan hewan endemik dari Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Keberadaan hewan ini sudah terancam punah dan merupakan salah satu hewan yang dilindungi.

Selain Rusa Bawean, ada dua maskot Asian Games lainnya. Masing-masing Burung Cenderawasih atau Bhin-Bhin dan Badak Bercula Satu atau Kaka.