Pemprov DKI Gelar Konsultasi Regional PDRB se-Jabalnusra

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 20 Juli 2018 14:43 WIB | Dibaca 355 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Konsultasi Regional Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra) Tahun 2018.

" Pelaksanaan Konreg PDRB ini sangat penting"

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta tersebut mengangkat tema "Pengembangan Ekonomi Digital dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi".

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, forum yang sangat krusial ini membahas konsep metodologi termasuk cakupan data dalam penyusunan penyediaan data PDRB. Selain itu, dari pertemuan ini diharapkan kinerja ekonomi bangsa dapat ditingkatkan dan Jakarta bisa menjadi lokomotif untuk mulai berperan di forum-forum serupa.

"PDRB telah menjadi dokumen penting dalam perumusan dan penyusunan kebijakan publik, terlebih kebijakan di DKI Jakarta sudah berbasis data," ujarnya, saat membuka Konsultasi Regional PDRB se-Jabalnusra, di Balai Kota DKI Jakarta," Jumat (20/7).

Sandi menjelaskan, data PDRB akan menjadi dokumen publik yang harus dapat dipertanggungjawabkan baik konten isi maupun tata cara metode penyusunannya.

"Mudah-mudahan penerbitannya bisa tepat waktu dan kita ingin hasil pengolahannya juga harus transparan serta mudah diakses oleh publik," terangnya.

Sandi menginginkan, kolaborasi ini dapat memberikan aksi nyata untuk menggerakkan ekonomi secara luas, membuka lapangan pekerjaan, dan menjaga stabilitas harga. Sehingga, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dan perekonomian tumbuh.

"Pelaksanaan Konreg PDRB ini sangat penting," ungkapnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfotik DKI Jakarta, Netti Herawati menambahkan, Konreg PDRB Jabalnusra Tahun 2018 diikuti sekitar 150 peserta.

Terdapat tiga tahapan dalam Konreg ini yakni, evaluasi pelaksanaan kesepakatan tahun lalu, seminar dan diskusi dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi regional, serta membuat kesepakatan Konreg PDRB Jabalnusra Tahun 2018.

"Kita ingin ada peningkatan kerja sama memperkuat kualitas penyediaan data pendukung PDRB daerah-daerah di Jabalnusra. Termasuk, untuk mendukung percepatan peningkatan daya saing di bidang ekonomi dalam lingkup regional Jawa, Bali, Nusa Tenggara," tandasnya.