Wagub Ingin Mahasiswa Buat Terobosan Penciptaan Lapangan Kerja

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 19 Juli 2018 18:35 WIB | Dibaca 372 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan, mahasiswa atau kalangan akademisi untuk ikut membuat terobosan-terobosan dalam menciptakan lapangan kerja.

" Topik-topik yang berorientasi pada lapangan kerja harus menjadi mainstream"

Dikatakan Sandi, mahasiswa adalah generasi muda yang harus mengambil peran strategis dalam upaya menciptakan lapangan kerja. Sebab, anak muda harus mampu menjadi motor gerakan perubahan.

"Topik-topik yang berorientasi pada lapangan kerja harus menjadi mainstream. Paradigma ini yang saya tawarkan kepada mahasiswa untuk memikirkan masa depan melalui penciptaan lapangan kerja," ujarnya, saat Menjadi Pemateri Kuliah Umum dan Diskusi Publik dengan "Vocational Education and The Future Job in Indonesia" Tahun 2018 Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Depok, Jawa Barat, Kamis (19/7).

Sandi meminta, mahasiswa dan juga kelompok akademisi menjadi mitra kritis dan memastikan lapangan kerja terutama yang berpihak kepada masyarakat, khususnya masyarakat lapisan menengah ke bawah harus menjadi prioritas.

"Ini harus jadi prioritas, yang harus kita angkat adalah perekonomian terfokus untuk mengurangi pengangguran," kata Sandi.

Dijelaskannya, Indonesia sangat beruntung karena memiliki bonus demografi dan punya generasi emas yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Peran strategis dari PNJ untuk mengambil role yang sangat signifikan ke depan untuk memastikan bonus demografi kita," ungkapnya.

Sandi optimistis, PNJ akan melahirkan tenaga vokasional tangguh dan mandiri di masing-masing bidangnya. Terlebih, sambung Sandi, e-commerce sekarang sudah sangat merajalela.

"Ini zaman millenials dan menjadi tantangan bagi kita semua seiring ekonomi berbasis digital dan sharing," tandasnya.