Proyek Pembangunan Tanggul A NCICD di Marunda Dilanjutkan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 17 Juli 2018 22:13 WIB | Dibaca 448 kali
(Foto : Budi Firmansyah / Beritajakarta.id)

Proyek pembangunan tanggul A National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di wilayah Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, kembali dilanjutkan. Ditargetkan, proyek pembangunan tahap ketiga oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta tersebut rampung Desember 2018.

"Pengerjaan fisik pemancangan spoon pile akan kita mulai besok. Hari ini kita tengah persiapkan"

Kepala Proyek NCICD PT Waskita Beton Precast di Marunda, Asep Kriswana mengatakan, pengerjaan meliputi sepanjang 1.000 meter di bagian Pantai Marunda dari arah Kali Blencong. Pengerjaan dibagi menjadi zona A sepanjang 300 meter ke hilir dan zona B sepanjang 700 meter ke hulu.

"Pengerjaan fisik pemancangan spoon pile akan kita mulai besok. Hari ini kita tengah persiapkan," katanya, Selasa (17/7).

Dijelaskan Asep, setiap spoon pile memiliki panjang total hingga 24 meter. Nantinya, sebagian besar spoon pile akan dipancang dan menyisakan ketinggian tanggul sekitar 4,8 meter dari muka air.

Selain tenaga kerja manusia, pengerjaan akan melibatkan satu unit crane dan tongkang. Sebagian besar pengerjaan pemancangan akan dilakukan melalui laut.

Koordinator Staff Seksi Pembangunan Bidang Aliran Timur Dinas SDA DKI Jakarta, Mohammad Benyamin mengungkapkan, sejak  2016 lalu pengerjaan sudah menuntaskan pemancangan spoon pile sepanjang sekitar 582 meter. Sedangkan tahun ini pengerjaan sepanjang 1.000 meter ditargetkan rampung Desember mendatang.

"Tahun 2019 akan dilanjutkan dengan pembangunan bagian tanggul selebar 24 meter. Tahun ini pembebasan lahannya dulu," tandasnya.