Sandi Dukung Penggunaan Solar Panel

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 15 Juli 2018 17:36 WIB | Dibaca 590 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno sangat mendukung penggunaan Solar Panel. Pasalnya, teknologi untuk menghasilkan energi listik dari sinar matahari tersebut terbukti ramah lingkungan.

" Bisa dikembangkan di seluruh wilayah Jakarta"

Sandi mengatakan, selain sebagai upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global dan krisis lingkungan lainnya, teknologi Solar Panel bisa mengedukasi masyarakat untuk menjadikan hemat energi sebagai gaya hidup.

"Bisa dikembangkan di seluruh wilayah Jakarta, terutama di gedung atau bangunan milik Pemprov DKI. Ini akan luar biasa dan jadi bagian smart city, smart environment, dan smart living," ujarnya, saat meninjau Rumah Masa Depan Bertenaga Surya  "Smartliving" di Jl Pepaya Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (15/7).

Sandi meminta, jajaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan untuk memetakan lokasi atau titik mana saja yang bisa dijadikan proyek percontohan.

"Pak Sekko, Pak Camat, dibikin pilot project saja, beberapa rumah bisa dan ini memang nggak perlu teknologi tinggi, teknologinya simpel dan sudah berjalan," terangnya.

Sandi menambahkan, meningkatnya kebutuhan penggunaan Solar Panel dapat membuka banyak lapangan kerja.

"Ini bisa dikategorikan pekerjaan pelestarian lingkungan atau green jobs untuk menghasilkan green economy," ungkapnya.

Sementara, salah seorang warga yang telah menerapkan sistem Solar Panel di rumahnya, Fazil menuturkan, pada dasarnya Solar Panel digunakan untuk penghematan. Sehingga, ketergantungan suplai listrik dari PLN bisa dikurangi.

"Kita bisa lihat, listrik dari sinar matahari itu bisa memenuhi kebutuhan rumah ini pada siang hari," tandasnya.