Pengangkatan Kereta LRT Fase I Ditarget Rampung Malam Ini

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 15 Juli 2018 12:50 WIB | Dibaca 402 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Proses pengangkatan gerbong kereta light rail transit (LRT) Jakarta, fase pertama untuk Koridor I, rute Kelapa Gading – Velodrome, dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Jl Boulevard Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara, ditargetkan rampung, Minggu (15/7) malam. 

" Kami memastikan kereta LRT sesuai spesifikasi teknis dan memenuhi faktor keselamatan"

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, ada delapan unit kereta LRT yang sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (14/7) kemarin. Dari jumlah itu, empat di antaranya sudah diangkut ke Kelapa Gading, Minggu (15/7) dinihari.

"Kedatangan delapan unit ini menandakan selesainya seluruh proses produksi kereta. Kami memastikan kereta LRT sesuai spesifikasi teknis dan memenuhi faktor keselamatan," ujarnya. 

Dijelaskan Dwi, setelah tiba kereta-kereta itu akan ada sejumlah penyesuaian dengan situasi lalu lintas, sebelum nantinya dilakukan sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami terus percepat proses pengerjaan infrastruktur ini. Kami terus bekerja siang dan malam sehingga LRT Jakarta akan dapat beroperasi sesuai target," katanya.

Direktur Proyek LRT Jakarta PT Jakarta Propertindo, Allan Tandiono menambahkan, delapan unit kereta LRT yang baru datang kemarin merupakan kereta cadangan yang akan digunakan setelah Asian Games.

Dilanjutkan Allan, pembangunan LRT Jakarta koridor I fase I (Kelapa Gading – Velodrome) telah mencapai 77 persen. Diperkirakan pengerjaan rampung sebelum penyelenggaraan Asian Games Agustus nanti.

"Total ada enam stasiun layang di sepanjang 5,8 kilometer di fase pertama ini. Kemudian fase kedua Velodrome-Tanah Abang sepanjang 11,25 kilometer bisa dimulai tahun ini juga," tandasnya.