Kodam Jaya - BBWSCC Kerja Sama Pengerukan Sungai

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 13 Juli 2018 20:51 WIB | Dibaca 167 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Kodam Jaya bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan pengerukan empat sungai yang melintasi wilayah DKI Jakarta.

" Mumpung musim kemarau, kita akan bersihkan kali dan setu yang tercantum dalam perjanjian kerja sama ini"

Kepala BBWSCC Kementerian PUPR, Jarot Widyoko mengatakan, dalam kerja sama ini, jajaran Kodam Jaya mulai Senin (16/7) sudah membersihkan empat sungai di Jakarta. Yakni Kali Sunter sepanjang 1,5 kilometer (Jakarta Timur), Kali Krukut sepanjang 1,5 kilometer, Kali Grogol sepanjang 973 meter dan Kali Mookevart sepanjang 850 meter.

"Pada titik-titik tertentu, kondisi kali dan setu banyak mengalami pendangkalan. Makanya harus dilakukan penanganan secara komprehensif agar daya tampung debit airnya lebih maksimal," ujar Jarot, Jumat (13/7).

Dengan keterlibatan TNI, nantinya diharapkan dapat menjaga dan mensosialisasikan pada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke kali.

Sementara, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Joni Supriyanto menambahkan, masing-masing lokasi nantinya ditempatkan satu penanggung jawab sektor. Pihaknya akan mengerahkan 3.000 personelnya dalam melakukan bersih-bersih kali dan setu itu. Namun ia juga mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke kali maupun setu.

"Mumpung musim kemarau, kita akan bersihkan sungai dan setu yang tercantum dalam perjanjian kerja sama ini. Sehingga sebelum musim hujan, sungai dan setu itu sudah bisa menampung air dengan lebih baik lagi. Banjir atau genangan dapat dicegah sejak awal," tandasnya.