Dinas KPKP Panen 40 Kilogram Sayuran Hasil Hidroponik

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Kamis, 12 Juli 2018 21:35 WIB | Dibaca 1142 kali
Dinas KPKP Panen 40 Kilogram Sayuran Hasil Hidroponik (Foto : Oki Akbar / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta hari ini memanen 40 kilogram sayuran hasil pertanian hidroponik di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

" 40 kilogram sayuran yang dipanen terdiri dari 15 kilogram Samhong dan 25 kilogram Kale Siberian Dwartf"

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Diah Meidiantie mengatakan, puluhan kilogram sayuran tersebut dipanen pihaknya bersama Kelompok Tani (Poktan) Daun Hijau sebagai pilot project (percontohan) pertanian perkotaan atau urban farming.

"40 kilogram sayuran yang dipanen terdiri dari 15 kilogram Samhong dan 25 kilogram Kale Siberian Dwarf," ujarnya, Kamis (12/7).

Menurut Diah, dalam kegiatan ini,  pihaknya sekaligus melakukan survei ke tiga lokasi Gang Hijau yang akan mendapat bantuan sosial dari Bank Indonesia (BI). Ketiga Gang Hijau tersebut masing-masing tersebar di RW 03 Cempaka Putih Timur, RW 06 Johar Baru dan RW 07 Sumur Batu.

"Tiga lokasi akan mendapatkan bantuan berupa pergola, tanaman merambat dan sejumlah sarana lainnya. Tahun ini Bank Indonesia akan memberikan bantuan sosial untuk 30 lokasi Gang Hijau di Ibukota," ungkapnya.

Diah menyampaikan, survei ke tiga lokasi Gang Hijau juga diikuti salah satu dosen MIPA UI yang tengah melakukan penelitian tentang pertanian perkotaan.

"Salah satu tujuan penelitiannya untuk mengetahui pelaksanaan urban farming sebagai alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan," tandasnya.

TOP