BPSDM Gelar Diklat Pelayanan Terpadu Bagi Penyandang Disabilitas

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 12 Juli 2018 20:07 WIB | Dibaca 720 kali
(Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) DKI Jakarta, menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) tentang pelayanan terpadu bagi penyandang disabilitas, Kamis (13/7) di Ruang Serba Guna  Dinas Teknis, Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat. 

"Kami harapkan, para peserta lebih peduli dalam melayani penyandang  disabilitas "

Kasubid Non Pelayanan Dasar Bidang Teknis dan Fungsional BPDSM DKI Jakarta, Wahyu Wijayanto mengatakan, diklat ini diikuti sekitar 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Monas, Ragunan, Kota Tua, RSUD, RSUK, sekolah, terminal, PTSP, rusun dan lain lain.

"Diklat kami berikan demi memberikan pelayanan yang sama pada masyarakat, baik itu yang sehat secara jasmani dan rohani, juga bagi penyandang disabilitas. Kami harapkan, para peserta lebih peduli dalam melayani penyandang  disabilitas," ujarnya.

Dia menambahkan, materi yang diberikan dalam diklat ini berupa berupa pemahaman umum tentang disabilitas, layanan sepenuh hati sesuai standar yang ditetapkan, serta komunikasi dan perilaku.

Untuk pemberi materi, lanjut Wahyu, pihaknya bekerja sama dengan dengan YPAC, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia, Ikatan Arsitek Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sedangkan materi kuliah umum diberikan Mr Gary Finn, arsitek dan konsultan aksesibilitas dari Sedney Access Consultans yang merupakan konsultan spesialis arsitek untuk aksesibilitas dan penyandang disabilitas.